Laporan dari Kongres Dunia ke-9

International Health Economics Association (iHEA)di Sydney,

Tanggal 7 sampai dengan tanggal 10 Juli, 2013


Laporan Pre Kongres:

Pada Pre-Kongres ada dua pertemuan ilmiah menarik yaitu mengenai Peran serta sektor Swasta dalam sistem kesehatan dan yang kedua mengenai Asuransi Kesehatan dari pemerintah di 5 negara Asia.

Untuk Pre-Kongres dengan judul Role of the Private Sector in Health System Simposium, Andreas Meliala dan Laksono Trisnantoro memberikan presentasi oral dengan judul The Geographic Distribution of Specialis Doctors in a Mixed Public-Private system: Regulatory Challenges for Indonesia. Silahkan  abstraknya.

Sesi Pre-conference ini diselenggarakan oleh kelompok yang membahas mengenai peran Sektor Swasta dalam bidang Kesehatan. Kelompok ini aktif membahas mengenai situasi sektor swasta dari kinerja sektor swasta, regulasi sektor swasta, peran dalam pemerataan pelayanan dan berbagai hal lainnya. Bagi pembaca yang ingin memahami lebih lanjut silahkan klik di www.pshealth.org 

Bagi pembaca yang ingin membaca lebih lanjut mengenai peran serta swasta dapat  laporan yang ditulis oleh Andreas Meliala.

Program kedua adalah mengenai Governance Asuransi Kesehatan di 5 negara Asia. Sebagaimana diketahui Asuransi kesehatan merupakan salah satu alternatif penting sistem pembiayaan kesehatan untuk mencapai universal coverage. Namun disadari bahwa banyak masalah yang ada dalam melaksanakan asuransi kesehatan. Bagi anda yang berminat silahkan