Opening Ceremony

Oleh: Prof. Datuk Dr. Rahman Al Jamal

datukPGF tahun ini dibuka secara resmi oleh Prof. Dato’ Dr. Hanafiah Harunarashid selaku Direktur Universiti Kebangsaan Malaysia Medical Center. Kegiatan ini dihadiri oleh peserta yang berasal dari berbagai institusi dan berasal dari berbagai negara, yakni Malaysia, Indonesia, Thailand, serta negara Asia dan Afrika lainnya. Dalam sambutannya, Prof. Datuk mengharapkan PGF tahun ini dapat menjadi ajang pertukaran informasi terkait isu Big Data di beberapa negara Asia Tenggara. Big Data memegang peranan penting dalam bidang kesehatan masyarakat. Big Data tidak hanya menjadi perhatian dari pihak tertentu saja, tetapi sudah menjadi isu publik yang mulai dibahas secara masif dan didorong oleh penggunaan sosial media.

Keberagaman kesehatan masyarakat dan lingkungan menjadi dasar pentingnya big data. Big data tidak hanya berkaitan dengan data, tetapi juga proses mengolah, menyimpan dan menerjemahkan data yang ada, kemudian dipergunakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Sebagai contoh, pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan (rumah sakit) dapat ditingkatkan dengan data yang berkualitas, dengan tujuan memberikan penegakan diagnostik yang tepat. Diagnostik yang tepat menurunkan dampak negatif dari pelayanan kesehatan, menurunkan risiko yang berasal dari human error tenaga kesehatan, dan menekan pembiayaan kesehatan di fasilitas kesehatan. Data yang baik juga dapat digunakan antar fasilitas kesehatan yang terintegrasi dengan sistem yang baik, guna memecahkan masalah bersama di fasilitas kesehatan dan integrasi data nasional.

Dewasa ini, beberapa negara seperti Indonesia juga menerapkan penggunaan big data yang memiliki indikator kompleks dan komprehensif dalam penerapan Jaminan Kesehatan Nasional. Hal ini merupakan langkah awal yang baik guna meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan memberikan jaminan kesehatan menyeluruh untuk masyarakat.

Reporter: Muhammad Asrullah (PKMK UGM)

Reportase Terkait: