Modul Pelatihan Telekonferensi dan Webinar untuk Mitra Laman Propinsi Dashboard Sistem Kesehatan (DaSK)

  DESKRIPSI MODUL

Modul ini menjelaskan apa saja yang diperlukan dan bagaimana mempersiapkan webinar dengan baik. Persiapan webinar memerlukan 3 komponen penting yaitu: hardware, software, dan brainware. Hardware yang dimaksud adalah sarana dan prasarana untuk kegiatan webinar. Software adalah aplikasi webinar yang digunakan, dalam pelatihan ini dipergunakan aplikasi GoToWebinar. Brainware adalah tenaga sumber daya manusia yang bertugas melaksanakan webinar. Modul ini juga memaparkan bagaimana troubleshooting dari permasalahan yang sering dijumpai dalam kegiatan webinar.

  TUJUAN

Setelah mempelajari modul ini peserta diharapkan:

  1. Memahami tentang telekonferensi dan webinar
  2. Mampu mempersiapkan peralatan webinar dengan baik dan mengikuti webinar sebagai peserta
  3. Mengelola kegiatan webinar di masing-masing institusi dalam rangka mengikuti pelatihan penyusunan business plan laman Propinsi DaSK

  SUB MODUL

1. Instalasi peralatan webinar

Webinar adalah teknologi yang memungkinkan manusia untuk mengadakan sebuah seminar dalam sebuah kelompok tanpa harus bertatap muka satu sama lain. Semua prosesnya dijalankan via internet sehingga batasan jarakpun tidak akan menjadi hambatan. Webinar sebenarnya merupakan singkatan dari dua kata yakni Web dan Seminar, disingkat menjadi webinar. Yang dimaksud dengan web adalah jaringan internet atau penggunaan teknologi internet. Sedangkan seminar, tentu semua sudah faham yakni pertemuan yang dilakukan oleh sekelompok orang dengan tujuan tertentu. Jadi Webinar dapat diartikan sebuah kegiatan pertemuan antar sekelompok orang yang dijalankan dengan bantuan koneksi internet. Untuk dapat mengikuti kegiatan blended learning yang diselenggarakan oleh PKMK FK-KMK UGM melalui GoToWebinar™ maka peserta harus mempunyai perangkat sebagai berikut:

A. Secara individual

  • Perangkat PC/laptop/tablet, sangat direkomendasikan bila mempunyai headset untuk mendapatkan kualitas suara yang lebih baik.
  • Koneksi internet dengan minimal bandwidth sebesar 1Mbps. Jika kurang dari itu kemungkinan masih bisa mengikuti namun kualitas tidak baik.
  • Pada beberapa kesempatan, kegiatan blended learning akan membutuhkan webcam namun tidak mutlak harus ada. Bila ada akan lebih baik.

B. Secara berkelompok

  • Sama dengan perangkat yang digunakan secara individual dengan beberapa tambahan untuk sebuah kelas/ruangan, yaitu:
    • Perangkat audio eksternal bergantung kepada jumlah orang dalam kelompok dan besarnya ruangan.
      • Microphone eksternal, sangat direkomendasikan yang wireless (bukan kabel). Hal ini akan memudahkan bila terdapat peserta yang ingin bertanya secara langsung.
      • Speaker eksternal, disesuaikan dengan jumlah peserta dan besar ruangan. Speaker yang baik akan membuat peserta dapat mengikuti blended learning dengan baik.
    • Pada beberapa kesempatan, kegiatan blended learning akan membutuhkan webcam/camcoder/handycam eksternal beserta converter untuk koneksi ke PC/laptop namun tidak mutlak harus ada, bila ada akan lebih baik.
    • LCD projector/LCD TV untuk menampilkan kegiatan blended learning, termasuk presentasi dari presenter beserta wajahnya sehingga dapat dilihat oleh semua peserta (anggota kelompok) dengan mudah.

2. Langkah-langkah Penggunaan webinar sebagai Peserta

A.1. Bergabung/Join Webinar

Pengelola kegiatan blended learning PKMK FK-KMK UGM akan mengundang beberapa orang untuk menjadi peserta dalam kegiatan blended learning melalui email atau Whatsapp. Pada undangan tersebut tertera “Link Webinar” yang merupakan pintu masuk untuk bergabung dalam kegiatan. Klik link webinar tersebut untuk bergabung.



Gambar 1. Tampilan fomulir isian untuk melakukan pendaftaran ke kegiatan webinar

Silakan isi data terkait dengan Nama Depan; Nama Belakang dan Alamat Email kemudian klik tombol “Register”. Alamat email diperlukan untuk mengirimkan email konfirmasi registrasi/pendaftaran. Bila kegiatan webinar telah berjalan, maka tombol “Register” akan berganti tulisan “Join Webinar in Progress”.
Apabila komputer yang digunakan belum pernah melakukan kegiatan webinar maka akan muncul gambar seperti terlihat di bawah ini.

Gambar 2. Tampilan untuk mengunduh aplikasi GoToWebinar™ Launcher

Proses berikutnya adalah mengunduh aplikasi GoToOpener. Tunggu sampai proses mengunduh file selesai. Setelah proses mengunduh selesai, proses selanjutnya adalah instalasi. Bila telah selesai proses instalasinya maka akan muncul panel webinar. Tampilan tersebut berarti siap untuk memulai proses kegiatan webinar.

Sampai tahapan ini, kegiatan webinar sudah dapat diikuti tanpa melakukan pengaturan apapun. Namun diharapkan peserta dapat mengikuti kegiatan ini secara aktif dengan menyampaikan komentar atau pertanyaannya.

  HANDOUT & REFERENSI

  1. Slide langkah-langkah penggunaan webinar sebagai Peserta
  2. Slide instalasi webinar di smartphone
  3. Slide instalasi peralatan webinar
  4. Perbedaan Video Conferencing, Web Conferencing, Webinars, dan Webcast
  5. Beberapa pilihan Kamera untuk rekaman kuliah
  6. GoToWebinar System Requirements for Attendee