Translating Evidence Into Action
– Thematic Working Group Meeting

Reporter: Putu Eka Andayani

 

  Pengantar

 MG 0165Thematic Working Groups (TWGs) merupakan komponen inti dari Health System Global (HSG) yang merupakan organisasi yang bersifat member-driven. Grup-grup ini terdiri dari para peneliti dengan latar belakang keahlian dan spesifikasi yang berbeda para pengambil keputusan dan pelaku kebijakan. Grup-grup ini membuat platform untuk interaksi antar-anggota yang memungkinkan terjadinya pertukaran pengalaman yang terkait dengan isu-isu seputar penelitian sistem kesehatan. (sumber: www.healthsystemglobal.org)

Sesi ini berbeda dengan sesi-sesi seminar lainnya, karena bertujuan untuk mempertemukan anggota working group dan peserta lain yang berminat dengan isu yang sedang dibahas. Setidaknya ada 10 TWGs di HSG yaitu: 1) Emerging voices for Global Health, 2) Ethics of Health System Research, 3) Health system in fragile and conflict affected states, 4) Medicine in health systems, 5) Social sciences approach for research and engagement in health policy and system, 6) Supporting and strengthening the role of community health workers in health system development, 7) Teaching and learning health policy and system research, 8) The private sector in health, 9) Translating evidence into action, dan 10) Quality in universal health and health care.

TWG Translating Evidence into Action Meeting

TWG ini menggunakan pertukaran pengetahuan mengenai best practices, lesson learned dan guideline praktis serta berbagai instrumen untuk menerjemahkan bukti-bukti dari hasil penelitian sistem kesehatan menjadi aksi nyata. Tujuan dari TWG ini adalah:

  1. memampukan para peneliti untuk mendukung penggunaan penelitian sistem kesehatan oleh pembuat kebijakan dan stakeholders lainnya
  2. meningkatkan kesadaran diantara para pembuat kebijakan, pelaksana program, penyedia layanan kesehatan, warga masyarakat dan media mengenai pentingnya menghargai dan menggunakan bukti
  3. menciptakan peluang bagi seluruh anggota HSG untuk membagi best practices dalam mentranslasikan bukti/hasil penelitian
  4. berkolaborasi dengan TWG lain di HSG untuk mempromosikan evidence translation

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai TWG dapat dilihat pada link berikut:
http://bit.ly/HSG-TEiA-TWG dan untuk bergabung menjadi anggota TWG ini dapat mengirim email ke: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. 

  Diskusi/Take home messages:

  1. membentuk TWG merupakan salah satu cara untuk meningkatkan efektivitas pertemuan para penelitian dan stakeholder lain, karena TWG sudah dirancang sesuai dengan tema spesifik. Para stakeholders tinggal memilih untuk bergabung atau mengikuti diskusi pada TWG tertentu sesuai dengan minat maupun tuntutan perannya di masyarakat.
  2. Dengan menjadi anggota TWG aktif, best practices dan pengalaman dapat di sharing ke seluruh anggota yang berasal dari berbagai latar belakang institusi dan negara. Pembelajaran lebih optimal dapat terjadi dari studi komparasi antar Negara dan antar lembaga Think Tank.


Reportase Terkait

Add comment


Security code
Refresh